Anggota KPU Kepulauan Selayar, Masmulyadi saat mempin uji publik

RMOL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar terus mematangkan penataan daerah pemilihan (Dapil). Rabu (7/2), digelar uji publik di Benteng.

Dalam keterangan persnya, anggota KPU Kepulauan Selayar, Masmulyadi yang memimpin uji publik mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan partisipasi yang luas kepada para pihak.

“Uji publik ini untuk memberikan ruang bagi masyarakat secara luas dan khusus kepada kontestan Pemilu untuk memperbincangkan daerah pemilihan sebagai bagian yang sangat penting dalam konteks representasi,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut hadir antara lain perwakilan dari partai politik tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, aktivis Ornop/NGO, pengurus organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, pers dan perwakilan dari pemerintah daerah.

Lebih jauh mantan aktivis Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) ini menjelaskan, perkembangan pembicaraan yang mengemuka dalam beberapa kesempatan mengerecut menjadi tiga opsi daerah pemilihan dari yang sebelumnya ada tujuh opsi.

“Perbincangan semakin mengerucut pada tiga opsi; yaitu tiga daerah pemilihan, empat daerah pemilihan dan lima daerah pemilihan. Hanya saja peserta mengusulkan untuk memperdalam argumentasi disertai data dari masing-masing usulan yang ada,” jelas alumni UGM ini.[dem]